Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan Sabet Juara 3 Best Paper pada Acara ‘The 2nd Islamic Economic Consortium’

E-mail Print PDF

Pekalongan (8/11) – Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan, Khoirul Anwar, berhasil meraih juara 3 Best Paper di acara ‘The 2nd Islamic Economic Consortium’ yang diselenggarakan oleh HMPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Minggu, 7 November 2021. Event ini mengundang mahasiswa aktif dari seluruh Indonesia untuk mengirimkan naskah/paper terbaiknya yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan ini mengambil tema utama ‘Peran Ekonomi Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Covid-19’. Namun, peserta juga diberikan beberapa alternatif pilihan yang sesuai dengan sub tema, diantaranya: 1) Ekonomi Syariah dan Transformasi Digital, 2) Optimalisasi Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf, 3) Tantangan dan Strategi Lembaga Keuangan Syariah, 4) Kolaborasi Fintech Syariah dan UMKM, 5) Penguatan Industri Halal Berbasis Teknologi, 6) Optimalisasi BUM Desa, dan 7) Pasar Modal Syariah dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Event ini membagi kegiatannya ke dalam 3 tahapan, yaitu: 1) Pendaftaran dan Pengumpulan Artikel (24 September – 24 Oktober 2021), 2) Pengumuman Artikel Terpilih (31 Oktober 2021), dan 3) Presentasi (7 November 2021). Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini diberikan penghargaan berupa E-Certificate dan semua paper yang masuk akan diterbitkan dalam bentuk E-Proceeding yang ber-ISBN. Selain itu, 4 naskah terbaik akan diberikan reward dengan total 5 juta rupiah.

Khoirul Anwar, yang merupakan mahasiswa Magister Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan mengirimkan naskah terbaiknya dengan judul ‘Peran Zakat, Infaq, Sedekah, di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus LAZIZ Jateng Cabang Pekalongan)’ dan berhasil menyabet gelar juara 3 Best Paper dalam ajang tersebut. Ditanya terkait keberhasilannya sebagai juara 3 pada ajang tersebut, Khoirul Anwar menyampaikan bahwa hal tersebut tidak lepas dari bimbingan para dosen khususnya, Dr. Hendri Hermawan Adinugraha, S.E.I., M.S.I., selaku dosen Metodologi Penelitian. Karena dari beliaulah dia mendapatkan banyak ilmu tentang menulis karya ilmiah.

Ditemui terpisah, Dr. Hendri Hermawan Adinugraha, S.E.I., M.S.I., mengungkapkan kegembiraannya dan rasa bangganya kepada para mahasiswa yang telah dibimbingnya. Beliau menyampaikan bahwa tanpa usaha, kerja keras, dan do’a yang dilakukan oleh para mahasiswanya, kesuksesan tersebut tidaklah mungkin bisa diraih. Beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa beliau agar tidak gampang berpuas diri dengan prestasi (ilmu) yang telah diraih. Mahasiswa harus terus belajar, berlatih, dan mengasah kemampuan yang dimilikinya agar menghasilkan prestasi yang maksimal.

(M. Ali Ghufron/Humas Pascasarjana IAIN Pekalongan)