Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Kembangkan Jejaring Internasional, Pascasarjana IAIN Pekalongan Teken MoA dengan ASEAN Cooperative Organization Malaysia

E-mail Print PDF

(Pekalongan, 15/11) - Dalam rangka mengembangkan kerjasama dengan instansi luar negeri, Pascasarjana IAIN Pekalongan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan ASEAN Cooperative Organization, Malaysia pada Jumat, 12 November 2021. Dalam acara tersebut, pihak ACO (ASEAN Cooperative Organization) diwakili oleh Fauzul Dato Hanapi, dan dari Pascasarjana IAIN Pekalongan diwakili oleh direktur, Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., yang disaksikan langsung oleh wakil direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. beserta perwakilan dari lembaga lain, seperti: UMPP, STAIKAP, serta lembaga keuangan syariah di Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Ditemui di kantornya, Prof. Ade menyampaikan bahwa ASEAN Cooperative Organization adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam mengembangkan kerja sama antara gerakan Koperasi di Negara-Negara ASEAN. Lebih lanjut, beliau menyampaikan terkait area kerja sama, “Dalam MoA ini, ada beberapa area utama kerja sama yang menjadi kesepakatan kedua belah pihak, seperti: pertukaran akademisi dalam hal pengajaran dan penelitian, profesor tamu, penyusunan kurikulum, penyelenggaraan kolaborasi konferensi internasional, publikasi ilmiah, kolaborasi pengabdian pada komunitas di masyarakat, dan hal-hal lain yang tentunya bersifat mutualisme atau saling menguntungkan kedua pihak”, pungkasnya.

Ditemui terpisah, wakil direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag., juga menambahkan bahwa Kerjasama ini menandai program perluasan kerjasama secara menyeluruh yang dilaksanakan di Pascasarjana IAIN Pekalongan khususnya, dan IAIN Pekalongan secara umum, baik dengan instansi dalam maupun luar negeri yang meliputi kerjasama publikasi ilmiah, konferensi, seminar maupun pertukaran dosen/ mahasiswa dalam berbagai agenda akademik diantara dua lembaga. Dengan demikian, melalui kolaborasi dan sinergi antara Pascasarjana IAIN Pekalongan dan ASEAN Cooperative Organization ini diharapkan agar lulusan Pascasarjana IAIN Pekalongan mampu menjawab tantangan dan kesempatan yang ada untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa, negara, dan dunia (khususnya ASEAN) di masa yang akan datang.

(M. Ali Ghufron/Humas Pascasarjana IAIN Pekalongan)