Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Program Studi Magister PAI Pascasarjana IAIN Pekalongan Gelar Acara Virtual Focus Group Discussion Terkait Industrialisasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

E-mail Print PDF

Pekalongan (26/10) – Dalam rangka menyongsong industrialisasi pendidikan di era revolusi industri 4.0, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Pascasarjana IAIN Pekalongan menggelar acara diskusi kelompok terarah atau yang lebih dikenal dengan istilah Focus Group Discussion (FGD) secara virtual pada Selasa, 26 Oktober 2021. Kegiatan FGD ini mengambil tema ‘Pendidikan, Industri, dan Character Building’ dan mengundang Prof. Dr. Marzuki, M.Ag., Guru Besar dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai narasumber. FGD ini dipandu oleh ibu Tatik Setianingsih, M.Pd., pegawai Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang sekaligus Owner Sanggar Merti Desa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana IAIN Pekalongan dari semua Program Studi dan angkatan, serta dari kalangan alumni.

Dr. Slamet Untung, M.Ag., Kaprodi Magister PAI yang dalam hal ini mewakili Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan salah satu tujuannya adalah membekali mahasiswa dan alumni yang bergerak di bidang pendidikan agar mampu mengelola lembaga pendidikan sebagaimana tuntutan era industri 4.0, sehingga lembaga pendidikan tersebut bisa eksis dan semakin dilirik oleh masyarakat sebagai rujukan. Lebih lanjut, beliau juga menegaskan bahwasanya pendidikan sejatinya adalah instrumen untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun, dalam praktik manajemennya, pendidikan haruslah dikelola dengan baik sebagaimana layaknya sebuah industri agar mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, Prof. Dr. Marzuki, M.Ag., dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berimplikasi terhadap semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan harus hadir untuk menjawab berbagai tantangan dari kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 dengan berbagai implikasinya, terutama untuk tetap menjaga dan memperkuat karakter bangsa. Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa Pendidikan karakter (character building) harus mampu menciptakan platform pendidikan yang memiliki makna, nilai, dan karakter bangsa Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai moral Pancasila.

Kegiatan ini juga disiarkan secara live di kanal YouTube Pascasarjana IAIN Pekalongan. Untuk selengkapnya bisa disaksikan melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/c/PascasarjanaIAINPekalonganTV

(M. Ali Ghufron/Humas Pascasarjana IAIN Pekalongan)