Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Dalam Rangka Benchmarking Akademik, Pascasarjana IAIN Salatiga Kunjungi Pascasarjana IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

(Pekalongan, 17/11) – Dalam rangka benchmarking akademik atau proses mengidentifikasi praktik baik terkait pengelolaan akademik, Pascasarjana IAIN Salatiga mengadakan kunjungan ke Pascasarjana IAIN Pekalongan pada Selasa, 16 November 2021. Sebanyak 12 orang pengelola pascasarjana IAIN Salatiga yang terdiri dari para Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan Kasubag Tata Usaha turut hadir dalam kunjungan tersebut. Kunjungan ini disambut dengan hangat oleh pihak Pascasarjana IAIN Pekalongan yang dipimpin langsung oleh Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan. Selain itu, para Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kasubag Tata Usaha, perwakilan Gugus Kendali Mutu (GKM), dan perwakilan pengelola jurnal juga turut menyambut tamu dari Pascasarjana IAIN Salatiga tersebut.

Bertempat di ruang sidang Pascasarjana IAIN Pekalongan, acara benchmarking dimulai dengan acara seremonial sederhana seperti menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dari Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, sambutan dari pimpinan rombongan dari Pascasarjana IAIN Salatiga, dan dilanjutkan dengan diskusi terkait pengelolaan akademik di kedua institusi. Diskusi ini dimoderatori langsung oleh Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. Kegiatan ini mengambil tema ‘Benchmarking Akademis Terkait Penguatan Kurikulum, Tata Kelola Akademik, dan Sinergi Kegiatan Karya Ilmiah antar Lembaga’.

Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd., selaku ketua rombongan dari Pascasarjana IAIN Salatiga yang sekaligus juga Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) menyampaikan paparannya terkait dengan praktik baik pengelolaan akademik di Pascasarjana IAIN Salatiga, seperti program-program yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan, pengelolaan jurnal ilmiah, penjaminan mutu internal, hingga sistem proses penerimaan mahasiswa baru.

Kemudian dilanjutkan oleh paparan dari pihak Pascasarjana IAIN Pekalongan, yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur, Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Beliau memaparkan praktik baik pengelolaan akademik yang telah berjalan di Pascasarjana IAIN Pekalongan, seperti kewajiban publikasi ilmiah bagi mahasiswa sebelum lulus dan difasilitasi dengan konferensi internasional, pengelolaan jurnal ilmiah, penjaminan mutu internal, spesifikasi kurikulum di masing-masing program studi, workshop dan seminar yang mendukung kompetensi mahasiswa, pengelolaan kerja sama, dan lain sebagainya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya-jawab dari kedua belah pihak terkait hal-hal yang ingin dipelajari bersama. kegiatan diskusi berjalan dengan lancar. Ada hal-hal yang belum ada di Pascasarjana IAIN Salatiga, namun sudah diterapkan di Pascasarjana IAIN Pekalongan seperti periodisasi penerimaan mahasiswa baru. Dan juga sebaliknya, ada hal-hal yang belum ada di Pascasarjana IAIN Pekalongan, namun sudah berjalan dengan baik di Pascasarjana IAIN Salatiga. Kedua belah pihak dapat saling mengambil pelajaran terkait praktik baik pengelolaan akademik dari masing-masing lembaga.

(M. Ali Ghufron/Humas Pascasarjana IAIN Pekalongan)