Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Pascasarjana IAIN Pekalongan Gelar Bedah Borang Akreditasi Eksternal untuk Prodi Magister Ekonomi Syariah dan Prodi PGMI

E-mail Print PDF

 

Pekalongan (2/12) – Pascasarjana IAIN Pekalongan menggelar acara bedah borang akreditasi secara eksternal untuk Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi PGMI pada 30 November – 2 Desember 2021. Acara bedah borang akreditasi ini didampingi langsung oleh Asesor BAN-PT dari eksternal IAIN Pekalongan, yaitu Bapak Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom (Dosen Politeknik Pos Indonesia). Acara ini dibuka langsung oleh direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., dan diikuti oleh seluruh tim penyusun borang akreditasi Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi PGMI.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari asesor BAN-PT terkait dengan borang akreditasi, LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan LED (Laporan Evaluasi Diri), yang telah disusun oleh tim. Selain itu, Direktur juga berharap agar tim penyusun borang tetap semangat dalam merevisi borang sesuai dengan saran dan masukan oleh asesor sehingga borang bisa secepatnya selesai dan di-submit untuk proses akreditasi. “Nanti setelah borang direvisi akan dikirim ke LPM untuk di-submit ke SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Setelah dikirim ke SAPTO, borang akan dinilai dalam 2 tahapan, yaitu desk evaluation dan visitasi lapangan”, tuturnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan bedah borang oleh Bapak Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom. Pada hari pertama, borang yang dibedah adalah borang Prodi Ekonomi Syariah. Beliau memberikan masukan secara rinci untuk setiap tabel LKPS dan setiap kriteria yang ada di LED. Pada hari kedua, tim penyusun borang akreditasi Prodi Ekonomi Syariah berkumpul di ruangan tersendiri untuk memperbaiki borang sesuai dengan saran dan masukan asesor. Sedangkan tim penyusun borang Prodi PGMI tetap bersama asesor karena giliran borang Prodi PGMI yang dilakukan pembedahan. Borang juga dibedah secara detail di setiap tabel LKPS dan setiap kriteria di LED. Kemudian di hari ketiga, tim penyusun borang Prodi PGMI merevisi borang sesuai dengan saran dan masukan asesor.

Dalam penyusunannya, tim penyusun borang akreditasi dibagi menjadi beberapa tim, diantaranya tim LKPS, tim LED, dan tim UPPS (Unit Penyelenggara Program Studi) yang dalam hal ini adalah fakultas atau pascasarjana. Tim UPPS, khususnya, akan banyak berkaitan dengan LED. Karena dalam waktu yang bersamaan ada 2 Prodi yang akan mengajukan akreditasi, tim UPPS dituntut agar bisa sinkron dalam memberikan data – data kinerja pascasarjana, karena data – data tersebut yang akan menjadi acuan pengisian LED Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi PGMI.

Reporter: M. Ali Ghufron