Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Pengumuman

E-mail Print PDF

P E N G U M U M A N
Nomor : 008/In.30/I/AD.05/01/2020

 1.Pengajuan Judul dan Pembimbing Tesis
Bahwa untuk teknis pengajuan judul dan permohonan pembimbing tesis sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengisi Formulir Pengajuan Judul Tesis, yang didownload disini
  2. Mahasiswa meminta tanda tangan dosen penasihat akademik untuk mengetahui judul tesis yang akan diajukan.
  3. Mahasiswa mengajukan scaning judul ke Sekretariat PPs (pengecekan judul untuk mengetahui judul sudah pernah dibuat atau belum)
  4. Mahasiswa meminta tanda tangan persetujuan ke Ketua Program Studi masingmasing dengan melampirkan draf proposal, untuk disetujui judul dan pembimbing tesis yang diajukan
  5. Mahasiswa menyerahkan Formulir Pengajuan Judul Tesis ke petugas admin akademik di sekretariat Pascasarjana,untuk dibuatkan Surat Penunjukan Pembimbing Tesis

 

2.Ujian Komprehensif

Sesuai dengan Pedoman Akademik Pascasarjana IAIN Pekalongan tahun 2018 bab VIII hal 83 maka ujian komprehensif diberlakukan kepada mahasiswa yang menggunakan kurikulum KKNI (mulai mahasiswa angkatan XIII Tahun Akademik 2018/2019). Ujian komprehensif menjadi syarat pengajuan sidang tesis, adapun syarat ujian komprehensif sebagai berikut.

  1. Mengisi formulir Pendaftaran Ujian Komprehensif, yang bisa didownload disini
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif (tidak sedang mengajukan cuti kuliah).
  3. Mahasiswa sudah lulus semua matakuliah dibuktikan oleh tanskrip nilai sementara dengan minimal IPK 3,00
  4. Pendaftaran Ujian Komprehensif Semester Genap dilaksanakan pada bulan januari, maret, dan mei. sedangkan pada semester Gasal dilaksanakan pada bulan juli, September, November.

 

3.Similiarity/Pengecekan Plagiasi Tesis (maksimal 20%) sebelum pelaksanaan Sidang Tesis

Berdasarkan SK Rektor IAIN Pekalongan nomor 221 tahun 2018, untuk menghindari plagiasi, maka mahasiswa Pascasarjana yang akan mengajukan sidang tesis wajib menyerahkan file tesis (bab 1-5) minimal 1 minggu sebelum pendaftaran, dengan mengirim file tersebut ke email:  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it  dengan Contak Person Bapak Dr. Taufiqqurohman, M.Si, di WA +62 852-2632-1170. Dengan alur pendaftaran sidang tesis sebagai berikut.

  1. Mahasiswa yang sudah mendapatkan persetujuan dari kedua pembimbing tesis dan Kaprodi, membawa hardcopy tesis dan menyerahkan softcopy tesis ke petugas similiarity (Bp. Dr. Taufiqqurohman, M.Si) untuk pengecekan plagiasi tesis, dan mahasiswa akan diberikan catatan lolos atau tidak lolos. Bagi yang lolos bisa lanjut untuk di daftarkan sidang tesis dan bagi yang belum lolos maka wajib memperbaiki tesisnya dan diadakan pengecekan ulang.
  2. Mahasiswa mendaftar sidang tesis dengan melampirkan catatan lolos plagiasi dan melengkapi persyaratan sebagai berikut.

-       Surat Persetujuan dari Pembimbing (masuk dalam tesis)

-       Menyerahkan tesis sebanyak 5 jilid

-       Fotocopy Bukti Pembayaran SPP terakhir

-       Bukti Pembayaran Pendaftaran Tesis

-       Bebas teori (lulus semua nilai mata kuliah dengan bukti Transkip Nilai Sementara)

-       Fotocopy buku bimbingan 1 eksemplar

-       Sudah Mengikuti Field Trip

-       Fotocopi sertifikat Lulus TOEFL /TOAFL

-       Fotocopi sertifikat Seminar Internasional sebagai Presenter

-       Fotocopy sertifikat kegiatan Kampus yang pernah diikuti

-       Sudah pernah menghadiri ujian tesis

 

c.Mahasiswa akan diberikan informasi penjadwalan sidang tesis lewat WA.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar dapat dilaksanakan semestinya. Pengumuman ini diberlakukan mulai tanggal 20 Januari 2020

 

Pekalongan, 9 Januari 2020

Direktur,

 

 

Dr. H. Makrum , M.Ag.

NIP. 19650621 199203 1 002