Pascasarjana | IAIN Pekalongan

Audiensi PPs Bersama Stakeholders

E-mail Print PDF

Program Pascasarjana terus berusaha melakukan peningkatan mutu layanan dan kualitas lulusan mahasiswa. Komitmen tersebut tetap terjaga termasuk dengan melakukan akselerasi kinerja setelah penyegaran pengelola. Salah satu langkah strategis untuk mengakomodir berbagai masukan adalah digelarnya acara bertajuk Audiensi Bersama Stakeholder yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2017.

18009902 1026092284193725 1046479252 nSecara khusus tujuan dari acara tersebut untuk mendapat kritik saran dari segenap pihak terkait dengan Program Pascasarjana baik langsung maupun tidak langsung. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa, alumni, tokoh masyarakat dan beberapa kepala instansi yang terkait dengan program studi di PPs tersebut berlangsung santai dalam suasana sarasehan. Hasil dari audiensi dengan segenap stakeholders akan dijadikan landasan perbaikan dan pengembangan yang ada di Program Pascasarjana. Komitmen pengembangan PPs semakin terasa dengan kehadiran segenap pengelola PPs; Direktur PPs, Wakil Direktur PPs, Kaprodi Hukum Keluarga, Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan Wakil Rektor I IAIN Pekalongan.

Pertanyaan sekaligus harapan yang sering muncul dari audiensi, masih terkait dengan status akreditasi program studi. Hal tersebut menjadi sangat penting bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang mayoritas sudah bekerja, dan menjadi syarat administratif terkait dengan ijin belajar. Selain itu sebagian stakeholder memberikan masukan tentang peningkatan dan pengembangan metode, materi serta kualitas pembelajaran yang lebih terkait dengan kopetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan masyarakat.

Program Pascasarjana sejatinya telah mengajukan akreditasi ulang untuk dua (2) prodi; Hukum Keluarga dan Pendidikan Agama Islam. Dokumen akreditasi sudah disusun sejak satu tahun yang lalu untuk menghasilkan dokumen Borang Akreditasi yang optimal sesuai dengan data yang ada. Dokumen yang kini sudah diserahkan ke BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tersebut sedang dalam proses desk-evaluation yang kemudian hasilnya akan dijadikan referensi dalam visitasi.

Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, PPs IAIN Pekalongan selalu melakukan pembekalan baik secara akademik dan non-akademik. Pada tahun lalu PPs telah melaksanakan kegiatan yang secara khusus terkait dengan skills upgrading (peningkatan kehalian) bagi mahasiswa PPs; Living Values Education (LVE), Academic Writing. Selain itu PPs juga mengadakan visiting professor baik dari dalam dan luar negeri untuk memberikan wawasan yang luas terkait dengan isu-isu global kontemporer terkait dengan tantangan permasalahan sosial modern.